Rekayasa Perangkat Lunak (Penjualan Tiket Online pada KA)




SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE TIKET KERETA API (KA)
1.     PENDAHULUAN

1.1   Tujuan
          Dokumen ini membahas tentang spesifikasi kebutuhan perangkat lunak untuk system penjualan Tiket KA. Tujuan dari dokumen ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai perangkat lunak yang akan dibangun baik berupa gambaran umum maupun secara mendetail.

1.2 Lingkup Masalah
          Software yang akan dikembangkn adalah software Penjualan tiket kereta api, yaitu software yang digunakan untuk mempermudah proses administrasi dan penalan tiket. Sostware ini dapat melakukan hal-hal berikut ini:
·        Kasir loket untuk menghindari penyalahgunaan hak akses
·        Melayani penjualan tiket secara online
·        Mempermudah rekapitulasi hasil penjualan
          Software ini diharapkan dapat mempermudah penjualan Tiket KA, dengan adanya software ini penumpang tidak perlu antri lagi cukup hanya memesan tiket secara online kapanpun dan dimanapun.
     1.3  Definisi Akronim
·        User            : Karyawan atau kasir
·        Admin        : Orang yang bertanggung jawab tentang                         perawatan dan operasional system.
·        Penumpang : Orang yang memesan tiket
·        Web            : adalah halaman informasi yang disediakan                             melalui jalur internet
     
1.4 Deskripsi Umum
                   Perangkat lunak penjualan Tiket KA adalah perangakat yang digunakan untuk mempermudah penjualan tiket dan secara tidak langsung  mengikuti perkembangan saat ini karena rata-rata saat ini masyarakat sudah menjadikan internet sebagai salah satu kebutuhan setiap hari dan kini bisnispun sudah masuk dalam internet contohnya seperti Penjualan Tiket KA.

2.     DESKRIPSI KEBUTUHAN

2.1   Prospektif Produk
        Produk yang dirancang merupakan sebuah perangkat lunak yang akan digunakan untuk kebutuahan jual beli.

2.2   Fungsi Produk
        Fungsi dari perangkat lunak ini diharapkan dapat meningkatkan penumpang dan keuntungan serta agar terhindar dari kesalahan kesalahan yang dapat merugikan.

2.3   Batasan-batasan
        Pengembangan software web ini memiliki keterbatasan yaitu:
·        Harus adanya akses intenet
·        Masih ada orang yang gagap internet








3.     KEBUTUHAN KHUSUS

3.1   Kebutuhan antarmuka eksternal
        Aplikasi penjualan tiket ini menggunakan antarmuka berbasis web, dan pengguna mengoprasikannya menggunakan seperangkat pc dengan system oprasi dapat diakses menggunakan perangkat mobile seperti hp dan gadged lain.

3.2   Kebutuhan fungsionalis perangkat lunak
          Kebutuhan fungsional merupakan kebutuhan system yang terkait dengan subsistem perangkat lunak. Kebutuhan ini menspesifikasikan fungsi – fungsi atau fitur – fitur yang harus ada pada system untuk dapat membantu penguna mencapai tujuan menggunakan system, yang pada akhirnya memenuhi kebutuhan bisnis.

  

4. ERD


 




































DOKUMEN DESAIN

1.     PENDAHULUAN

1.1   Tujuan
·        Membantu dalam pelayanan pemesanan tiket KA
·        Meningkatkan mutu pelayanan
·        Mempermudah pelanggan

1.2   Lingkup Masalah
    Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah, mempernyaman pelanggan dan agar lebih efektif dan efisien.

1.3   Definisi, Akronim dan singkatan
     Aplikasi ini secara tidak langsung bisa di sebut system penjualan online, penjualan online adalah adalah tempat dimana jual beli di lakukan secara jarak jauh meliputi antara kota, kab, prov, dan dapat juga meliputi antar Negara.

2.     Rancangan Arsitektur
     Rancangan arsitektur ini di mana mengubah bentuk ERD kebentuk class, sequence dan activity diagram.


3.     Deskripsi Dekomposisi Data
     Data yang berupa dari bentuk ER-Diagram di ubah dalam bentuk class,  sequence dan activity diagram. Mengunakan Microsoft visio 2010 dengan megukan fitur di dalamnya.









4.     CLASS DIAGRAM



SEQUENSE DIAGRAM


















ACTIVITY DIAGRAM




















5.     ANTAR MUKA
Contoh Antar Muka




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian CHMOD (Belajar)

Jurnal Angka Romawi