Rekayasa Perangkat Lunak (Penjualan Tiket Online pada KA)
SISTEM
INFORMASI PENJUALAN ONLINE TIKET KERETA API (KA)
1. PENDAHULUAN
1.1 Tujuan
Dokumen ini membahas tentang
spesifikasi kebutuhan perangkat lunak untuk system penjualan Tiket KA. Tujuan
dari dokumen ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai perangkat lunak
yang akan dibangun baik berupa gambaran umum maupun secara mendetail.
1.2
Lingkup Masalah
Software yang akan dikembangkn adalah
software Penjualan tiket kereta api, yaitu software yang digunakan untuk
mempermudah proses administrasi dan penalan tiket. Sostware ini dapat melakukan
hal-hal berikut ini:
·
Kasir loket untuk menghindari
penyalahgunaan hak akses
·
Melayani penjualan tiket secara online
·
Mempermudah rekapitulasi hasil penjualan
Software ini diharapkan dapat
mempermudah penjualan Tiket KA, dengan adanya software ini penumpang tidak
perlu antri lagi cukup hanya memesan tiket secara online kapanpun dan dimanapun.
1.3 Definisi
Akronim
·
User :
Karyawan atau kasir
·
Admin :
Orang yang bertanggung jawab tentang perawatan dan operasional system.
·
Penumpang : Orang yang memesan tiket
·
Web :
adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet
1.4
Deskripsi Umum
Perangkat lunak penjualan
Tiket KA adalah perangakat yang digunakan untuk mempermudah penjualan tiket dan
secara tidak langsung mengikuti
perkembangan saat ini karena rata-rata saat ini masyarakat sudah menjadikan
internet sebagai salah satu kebutuhan setiap hari dan kini bisnispun sudah
masuk dalam internet contohnya seperti Penjualan Tiket KA.
2. DESKRIPSI
KEBUTUHAN
2.1 Prospektif
Produk
Produk
yang dirancang merupakan sebuah perangkat lunak yang akan digunakan untuk
kebutuahan jual beli.
2.2 Fungsi
Produk
Fungsi
dari perangkat lunak ini diharapkan dapat meningkatkan penumpang dan keuntungan
serta agar terhindar dari kesalahan kesalahan yang dapat merugikan.
2.3 Batasan-batasan
Pengembangan
software web ini memiliki keterbatasan yaitu:
·
Harus adanya akses intenet
·
Masih ada orang yang gagap internet
3. KEBUTUHAN
KHUSUS
3.1 Kebutuhan
antarmuka eksternal
Aplikasi
penjualan tiket ini menggunakan antarmuka berbasis web, dan pengguna
mengoprasikannya menggunakan seperangkat pc dengan system oprasi dapat diakses
menggunakan perangkat mobile seperti hp dan gadged lain.
3.2 Kebutuhan
fungsionalis perangkat lunak
Kebutuhan fungsional merupakan kebutuhan
system yang terkait dengan subsistem perangkat lunak. Kebutuhan ini menspesifikasikan
fungsi – fungsi atau fitur – fitur yang harus ada pada system untuk dapat membantu
penguna mencapai tujuan menggunakan system, yang pada akhirnya memenuhi kebutuhan
bisnis.
DOKUMEN
DESAIN
1. PENDAHULUAN
1.1 Tujuan
·
Membantu dalam pelayanan pemesanan tiket
KA
·
Meningkatkan mutu pelayanan
·
Mempermudah pelanggan
1.2 Lingkup
Masalah
Aplikasi
ini dibuat untuk mempermudah, mempernyaman pelanggan dan agar lebih efektif dan
efisien.
1.3 Definisi,
Akronim dan singkatan
Aplikasi
ini secara tidak langsung bisa di sebut system penjualan online, penjualan
online adalah adalah tempat dimana jual beli di lakukan secara jarak jauh meliputi
antara kota, kab, prov, dan dapat juga meliputi antar Negara.
2. Rancangan
Arsitektur
Rancangan
arsitektur ini di mana mengubah bentuk ERD kebentuk class, sequence dan
activity diagram.
3. Deskripsi
Dekomposisi Data
Data
yang berupa dari bentuk ER-Diagram di ubah dalam bentuk class, sequence dan activity diagram. Mengunakan
Microsoft visio 2010 dengan megukan fitur di dalamnya.
4. CLASS
DIAGRAM
SEQUENSE DIAGRAM
ACTIVITY DIAGRAM
5. ANTAR
MUKA
Contoh Antar Muka
Komentar
Posting Komentar