MAKALAH EVALUASI PENGAJARAN
MAKALAH
EVALUASI PENGAJARAN
Oleh
:
ELVIRA NUSI
13 215 459
KELAS E
UNIVERSITAS NEGERI MANADO
PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
FAKULTAS TEKNIK
2016
KATA
PENGANTAR
Puji
Syukur saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmatnya
kepada saya sehingga saya dapat
menyelesaikan tugas Makalah ini dengan baik dan dengan segala kemampuan
yang saya miliki. saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik
dikarenakan bimbingan dari dosen saya yang telah banyak bersabar dalam mengajar
dan selalu memberikan pemahaman langkah demi langkah sehingga saya dapat
mengerti sedikit tentang “EVALUASI PENGAJARAN” hingga mempermudah saya untuk
mencari bahan makalah ini baik melalui internet maupun yang bersumber dari
modul yang telah diberikan oleh Dosen Pengasuh.Demikian sepatah kata dari saya,
semoga tugas ini dapat berguna bagi rekan-rekan mahasiswa khususnya dapat
berguna bagi saya.
Tondano,
November 2016
Penulis
DAFTAR ISI
BAB
I : PENDAHULUAN.................................................................................................... 1
A. Latar
Belakang................................................................................................................ 1
BAB
II : PEMBAHASAN..................................................................................................... 2
A. Silabus
dan RPP................................................................................................... 2
B. Kisi-kisi
Soal Pilihan Ganda................................................................................ 4
C. 30
Butir Soal Pilihan
Ganda................................................................................ 6
D. Menguji Tingkat Kesukaran dan Uji daya Pembeda………………........ 6
E. Menguji Validitas dan Uji Reabilitas......... 7
BAB
III :
PENUTUP............................................................................................................. 10
A. Kesimpulan...................................................................................................................... 10
Daftar
Pustaka..................................................................................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam
setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses
pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang dimaksud adalah baik, tidak baik,
bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll. Pentingnya diketahui hasil ini karena
ia dapat menjadi salah satu patron bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana
proses pembelajaran yang dia lakukan dapat mengembangkan potensi peserta didik.
Artinya, apabila pembelajaran yang dilakukannya mencapai hasil yang baik,
pendidik tentu dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran dan demikian
pula sebaliknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil
yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui
evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil
belajar dan evaluasi pembelajaran. Dalam
makalah ini membahas tentang Silabus & RPP, alat evaluasi, uji tingkat
kesukaran, uji beda, uji validitas dan reabilitas, kisi-kisi soal. Memang tidak
semua orang menyadari bahwa setiap saat kita selalu melakukan pekerjaan
evaluasi. Dalam beberapa kegiatan sehari-hari, kita jelas-jelas mengadakan
pengukuran dan penilaian.
2.2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Kelas / Semester : 10 / 2
(dua)
Standar Kompetensi : Menggunakan
Perangkat Lunak Pengolah Kata
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA
A.
KOMPETENSI
DASAR
5.1. Menunjukan menu dan ikon yang terdapat
dalam perangkat lunak pengolah kata
B. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Mengidentifikasi kegunaan program pengolah kata
2. Mengaktifkan program.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajara mengajar diharapkan siswa dapat:
1. Siswa dapat menjalankan program Microsoft
Word
2. Siswa dapat mengenali interface/tampilan
dan menu-menu yang ada
3. Siswa dapat menuliskan masing-masing
fungsi dari menu pengolah kata
4. Siswa dapat membuat tulisan dengan
berbagai variasi (word Art)
5. Siswa dapat membuat tabel dengan Ms. Word
6. Siswa dapat memasukkan gambar, animasi dan
online video
7. Siswa dapat memahami fungsi margins, size
dan columns
8. Siswa dapat membuat dokumen baru pada Ms.
Word
9. Siswa dapat memahami cara membuat Link
(Hyperlink) pada Ms. Word
10. Siswa dapat memahami tombol kombinasi
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Identifikasi menu dan ikon pada MS. Word
E. MODEL
PEMBELAJARAN
Model pembelajaran
langsung
F. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit
Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Modul
Belajar Karya _________________
3. Seperangkat
computer lengkap dengam program under windows
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menunjukan
menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
|
· Siswa diminta untuk mengaktifkan program
pengolah kata sesuai dengan prosedur yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
· Dengan menggunakan program pengolah Ms.
Word yang sudah aktif, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian-bagian
dair lembar kerja pengolah kata MS. Word
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi kegunaan
program pengolah kata
· Siswa dapat Mengaktifkan program
|
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A.
Pendahuluan
1.
Menyampaikan kompetensi dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi pembelajaran
2.
Apersepsi
3.
Motivasi
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
diminta untuk mengaktifkan Program Pengolah kata MS.Word dari menu Pulldown
·
siswa
diminta untuk mengindefikasi bagian lembar keja Judul, Menu, Tools menu,
ruller, tempat pengetikan, dan tampilan-tampilan yang lain
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
diminta untuk membuat tulisan berupa data pribadi
·
Siswa
diminta untuk menyimpan dokumen dengan nama DATA PRIBADI
·
Siswa
dminta untuk menutup dokumen dengan menggunakan menu File kemudian Close
·
Siswa
diminta untuk keluar dari MS.Word kembali ke DEFAULT
·
Guru
mendemontrasikan cara membuat dokumen dari MS.Word secara langsung dan menutup
dokumen dengan x
·
Siswa
diminta untuk mengikuti apa yang telah dilakukan guru
·
Guru
mengontrol siswa satu persatu dan mengecek pengetahuan yang telah diperolah
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai
prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
C. Penutup
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Siswa
diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini. (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.);
·
Guru
memberikan tugas rumah (PR). (nilai
yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu,
Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca,
Tanggung jawab.);
H. PENILAIAN
Ujian Kemampuan
Praktek
1.
Bagaimana prosedur untuk mengaktifkan Program MS.Word
2.
Ketik data berikut ini
Nama : Sugi Handoyo
Nama
Panggilan : Handoyo
Tempat
Lahir : Jakarta
Tanggal
Lahir :
Alamat :
No
Telpon :
Hobi : Membaca dan Membuat
Program Komputer
Cita-cita : Menjadi
Ahli Komputer
Nama
Sekolah :
3.
Bagaimana cara untuk menyimpan data di atas dengan nama DATA PRIBADI
4.
Bagimana cara untuk membuka sebuah dokumen yang bernama DATA PRIBADI
No soal
|
Skor
|
1
|
10
|
2
|
10
|
3
|
10
|
4
|
10
|
5
|
10
|
6
|
10
|
7
|
10
|
8
|
10
|
9
|
10
|
10
|
10
|
Jumlah Skor
|
100
|
Nilai =
2.3
30 BUTIR SOAL
1. Microsoft
Office merupakan gabungan dari beberapa program aplikasi. Program aplikasi di
dalam Microsoft Office yang digunakan sebagai aplikasi pengolah kata adalah… .
a. Microsoft Visio d. Microsoft Word
b. Microsoft
Outlook e. Microsoft Power Point
c. Microsoft
Excel
2. Sub menu yang digunakan untuk fasilitas
pencetakan dokumen pada Microsoft Word adalah… .
a. Save c. Page setup e. Print Preview
b. Save
as d. Print
3. Scroll bar berfungsi untuk menampilkan bagian
lain dari dokumen yang sebelumnya tidak terlihat, Scrool bar dibagi menjadi dua
jenis yaitu… .
a. Horisontal dan Vertikal Scroolbar
b. Min dan Max Scroolbar
c. Right dan Left Scroolbar
d. Horisontal dan Left Scroolbar
e. Up dan Down
Scroolbar
4. Selain
teks, aplikasi pengolah kata dapat melakukan penyisipan file lain, kecuali… .
a. gambar c. tabel e. grafik
b. MP3 d. Simbol
5. Untuk
menyisipkan tampilan no.halaman pada kertas kerja Ms.Word maka dilakukan dengan
menggunakan fasilitas… .
a. insert Row d.
insert Picture
b. insert Paragraf e. insert Page Number
c. insert Table
6. Menampilkan
huruf miring dapat dilakukan dengan mengklik ikon… .
a. Italic c. Underline e. Align Right
b. Align
Left d. Bold
7. Berikut
ini adalah beberapa submenu yang terdapat pada menu View, kecuali… .
a. Header and Footer
b. Ruler d. Dokumen Map
c. Select All e. Print Layout
8. Microsoft Word menyediakan fasilitas bantuan
bila terjadi kesulitan dalam menjalankan fasilitas yang ada. Untuk menjalankan
fungsi ini, sub menu yang harus dijlankan adalah… .
a. Option c. About
Microsoft e.formula
b. Help d. New Windows
9. Berikut ini yang bukan merupakan menu bar
adalah… .
a. File c. View e. Tools
b. Edit d. Save
10. Ruler merupakan istilah yang ada pada Ms.Word yang menerangkan tentang… .
a. Peraturan yang harus ditaati dalam
menggunakan Microsoft Word
b. Cara-cara
menjalankan Microsoft Word
c. Alat bantu pengukuran dengan menggunakan
skala tertentu sesuai dengan setting yang diberikan sebelumnya.
d. Penentuan tampilan pada Microsoft Word
e. Proses awal pencetakan file
11. Untuk
membatalkan dan kembali ke tampilan sebelumnya adalah salah satu fasilitas yang
penting pada Ms.Word. Fasilitas ini dikenal sebagai... .
a. Redo c. Cut e. Replace
b. Paste d. Undo
12. Untuk pemilihan warna huruf yang akan
ditampilkan, menu format telah menyediakan fasilitasnya. Sub menu yang memiliki
fungsi ini adalah... .
a. Font d. Theme
b. Bullet
Numbering e. Style and Formating
c. Paragraf
13. Pada
sebagian dokumen, diperlikan modifikasi berupa penambahan header dan footer.
fasilitas ini terdapat pada menu… .
a. File c. Edit e. Format
b. Insert d. View
14. Untuk meyisipkan gambar yang berasal dari
sebuah file gambar, menu yang harus diklik, adalah menu … .
a. File c. Edit e. Format
b. Insert d. View
15.
nama gambar di atas adala…
a. Toolbars c. Toolbar Menu e. Icons
b. Submenu d. Toolbar Formating
16.
Ikon berfungsi untuk memformat…
.
a. ketebalan huruf d. jenis huruf
b. ukuran huruf e. huruf italic
c. huruf bergaris bawah
17. Untuk menyimpan dokumen yang telah
dibuat menggunakan ikon… .
a.
b.
c.
d.
e.
18. Jika
ingin mencetak dengan model / orintasi kertas secara horisontal maka langkah
perintah pengaturan kertas pada Page Setup orientasi yang dipilih adalah… .
a. Portrait c. Defauld e. Multiple
b. Landscape d. Margin
19. Ikon
berikut yang merupakan simbol paragraf adalah....
20. Perhatikan
ikon atau toolbar berikut !
1. 3.
Ikon-ikon di atas yang tepat masuk
formatting bar adalah....
a. 1 dan 2
c. 2 dan 4 e. 2 dan 3
b. 1 dan 3 d. 3 dan 4
a. open c. edit e. erase
b. close d. exit
a. membuat folder baru
b.
membuka
folder tempat file akan disimpan
c.
menentukan type file
d.
menyimpan folder
e.
memilih
folder lain
a. jarak spasi d. jarak paragraph
b. ukuran dokumen e. ukuran kertas
c. ukuran font
Jenis
toolbar yang memuat ikon seperti berikut :
24. Sub
Menu yang digunakan untuk setting halaman atau kertas adalah... .
a. Print c. Print Previw e. Page Layout
b. Open d. Save
as
26. Untuk
menyisipkan bagan organisasi menggunakan menu… .
a. Insert – Clip Art d. Insert –Picture
b. Insert
–From File e. Insert
–Bookmark
c. Insert –Obyek
27. Untuk
membuat tulisan dalam kotak menggunakan… .
b.
d.
gambar-gambar tersebut dapat diperoleh
pada fasilitas ………. yang berada di
drawing toolbars.
a.
Picture d. Clip Art
b.
Auto Shapes e. Word Art
c.
Chart
30. Untuk
membuka dokumen yang telah dibuat
menggunakan
ikon… .
a.
b.
c.
d.
e.
2.4 TARAF KESUKARAN TES
DAN DAYA PEMBEDA SEBUAH TES
Menganalisis tingkat kesukaran soal artinya
mengkaji soal- soal tes dari segi kesulitanya sehingga dapat di peroleh
soal-soal mana yang termasuk mudah ,sedang dan sukar. Sedangkan menganalisis
daya pembeda artinya mengkaji soal-soal tes dari segi kesanggupan tes tersebut dalam kategori lemah atau
rendah dan kategori kuat atau tinngi prestasinya (Wayan Nurkancana, 1983; 134).
Asumsi yang digunakan untuk memperoleh kwalitas
yang baik, disamping memenuhi validitas dan reliabilitas adalah daya
keseimbangan dari tingkat kesulitan soal tersebut. Keseimbangan yang
dimaksutkan adalah adanya soal-soal yang termasuk mudah sedang dan sukar secara porposional. Tingkat
kesukaran soal dipandang dari kesanggupan atau kemampuan siswa dalam
menjawabnya, bukan dilihat dari segi guru dalam melakukan analisis pembuat
soal.
Ada beberapa dasar pertimbangan dalam menentukan
proporsi jumlah soal kategori mudah sedang dan sukar.Pertimbangan pertama
adalah adanya keseimbangan, yakni jumlah soal sama untuk ke tiga kategori
tersebut. dan ke dua proposi jumlah soal untuk ke tiga kategori tersebut
artinya sebagian besar soal berada dalam kategori sedang sebagian lagi termasuk
kategori mudah dan sukar dengan proporsi yang seimbang.
Perbandingan antara soal mudah sedang sukar bisa
di buat 3-4-3. Artinya, 30% soal kategori mudah 40% soal kategori sedang dan
30% lagi soal kategori sukar.
Di samping itu oleh karena suatu tes dimaksutkan
untuk memisahkan antara murid-murid yang betul-betul mempelajari suatu
pelajaran dengan murid-murid yang tidak mempelajari pelajaran itu, maka tes
atau item yang baik adalah tes atau item yang betul-betul dapat memisahkan ke
dua golongan murid tadi. Jadi setiap item disamping harus mempunyai
derajat kesukaran tertentu, juga harus mampu membedakan antara murid yang
pandai dengan murid yang kurang pandai.
Setelah judgment dilakukan oleh guru kemudian soal
tersebut di uji cobakan dan dianalisis apakah judgment tersebut sesuai atau
tidak. Cara melakukan analisis untuk menentukan tingkat kesukaran soal adalah
dengan menggunakan rumus sebagai berikut.
I =
|
B
|
N
|
Keterangan:
I =Indeks kesulitan untuk setiap butir soal
B =Banyaknya siswa yang menjawab benar setiap butir
soal
N =Banyaknya yang memberikan jawaban pada soal yang
di maksudkan.
Kriteria yang digunakan makin kecil indeks yang di
peroleh makin sulit soal tersebut. Sebaliknya makin besar indeks yang diperoleh
makin mudah soal tersebut.
Menurut keiteria yang sering di ikuti indeks
kesukaran sering di klasifikasikan sebagai berikut :
· Soal dengan P 0
– 0,30 adalah soal kategori sukar.
· Soal dengan P 0,31 – 0,70 adalah soal kategori
sedang.
· Soal dengan P
0,71 – 1,00 alalah soal kategori mudah.
Contoh:
Guru memberikan 30 pertanyaan piihan berganda dengan komposisi 3 soal mudah , 4 soal sedang ,
dan 3 soal sukar. Jika di lukiskan susunan soalnya adalah sebagai berikut :
No soal
|
Abilitas yang Diukur
|
Tingkat kesukaran soal
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
|
Pengetahuan
Aplikasi
Pemahaman
Analisis
Evaluasi
Sitesis
Pemahaman
Aplikasi
Analisis
Sitesis
Pengetahuan
Aplikasi
Pemahaman
Analisis
Evaluasi
Sitesis
Pemahaman
Aplikasi
Analisis
Sitesis
Pengetahuan
Aplikasi
Pemahaman
Analisis
Evaluasi
Sitesis
Pemahaman
Aplikasi
Analisis
Sitesis
|
Mudah
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Sedang
Sukar
Sedang
Sedang
Sukar
Mudah
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Mudah
Mudah
Sukar
Sedang
Sukar
Sedang
Mudah
Sedang
Mudah
Sukar
Sedang
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
|
Kemudian soal tersebut di berikan kepada 10 orang
siswa dan tidak seorang pun yang tidak mengisi seluruh pertanyaan tersebut.
Setelah di periksa hasilnya adalah sebagai berikut.
No soal
|
Banyakya siswa yang menjawab (N)
|
Banyaknya siswa yang menjawab (B)
|
Indeks
B
N
|
Kategori soal
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
|
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
|
10
9
8
6
7
5
4
6
8
4
8
4
5
6
4
9
7
6
5
4
10
7
4
8
5
6
7
8
6
5
|
1,0
0,9
0,85
0,55
0,75
0,50
0,2
0,55
0,85
0,2
0,85
0,2
0,50
0,55
0,2
0,9
0,75
0,55
0,50
0,25
1,0
0,75
0,2
0,85
0,50
0,55
0,75
0,85
0,55
0,50
|
Mudah
Mudah
Mudah
Sedang
Mudah
Sedang
Sukar
Sedang
Mudah
Sukar
Mudah
Sukar
Sedang
Sedang
Sukar
Mudah
Mudah
Sedang
Sedang
Sukar
Mudah
Mudah
Sukar
Mudah
Sedang
Sedang
Mudah
Mudah
Sedang
Sedang
|
Dari sebaran di atas ternyata ada 11 soal yang meleset, yakni soal nomor 3 yang
semula di proyeksikan kedalam kategori Sedang, setelah di coba ternyata
termasuk kedalam kategori mudah. demikian, juga soal nomor 5 yang semula di
proyeksikan sedang ternyata termasuk kedalam kategori mudah. soal nomor 9 semula di proyeksikan sedang,
setelah di coba ternyata termasuk
kedalam kategori mudah. Soal nomor 12 semula di proyeksikan Mudah, setelah di coba ternyata termasuk kedalam
kategori sukar. Soal nomor 15 semula di proyeksikan sedang, setelah
di coba ternyata termasuk kedalam kategori sukar. Soal
nomor 18 semula di proyeksikan
sukar, setelah di coba
ternyata termasuk kedalam kategori sedang. Soal nomor 21 semula di proyeksikan
kedalam kategori sedang, setelah di
coba ternyata termasuk kedalam kategori mudah. Soal nomor 23 semula di
proyeksikan kedalam kategori sedang, setelah di coba ternyata termasuk kedalam kategori sukar. Soal nomor
25 semula di proyeksikan sukar, setelah
di coba ternyata termasuk kedalam kategori sedang. Soal nomor 28 semula
di proyeksikan sedang, setelah
di coba ternyata termasuk kedalam kategori mudah. Sedangkan 19 soal yang lainya sesuai dengan
proyeksi semula atas dasar tersebut sebelas soal diatas harus diperbaiki
kembali.
Soal no : 3 dinaikan dalam kategori mudah.
Soal no : 5 dinaikan dalam kategori mudah.
Soal no : 9 dinaikan dalam kategori mudah.
Soal no : 12
diturunkan dalam kategori sukar
Soal no : 15 diturunkan
dalam kategori sukar
Soal no : 18
dinaikan dalam kategori sedang
Soal no : 21
dinaikan dalam kategori mudah
Soal no : 23
dturunkan dalam kategori sukar
Soal no : 25
dinaikan dalam kategori sedang
Soal no : 28
dinaikan dalam kategori mudah
B. Analisis Daya Pembeda
Salah satu tujuan analisis kuantitatif soal adalah
untuk menentukan dapat tidaknya suatu soal membedakan kelompok dalam aspek yang
di ukur sesuai dengan perbedaan yang ada dalam kelompok itu.
Indeks yang di gunakan dalam membedakan peserta
tes yang berkemampuan tinggi dengan peserta tes yang berkemampuan rendah adalah
indeks daya pembeda.. Indeks ini menunjukkan kesesuaian antara fungsi
soal dengan fungsi tes secara keseluruhan. Dengan demikian validitas soal ini
sama dengan daya pembeda soal yaitu daya yang membedakan antara peserta tes
yang berkemampuan tinggi dengan peserta tes yang berkemampuan rendah.
1.
Hubungan antara tingkat kesukaran dan daya pembeda.
Tingkat kesukaran berpengaruh langsung pada daya
pembeda soal. Jila setiap orang memilih benar jawaban ( P = 1 ), atau jika
setiap orang memiliki benar jawaban (P = 0) maka soal tidak dapat digunakan
untuk membedakan kemampuan peserta tes. oleh kaena itu soal yang baik adalah
soal yang memiliki daya pembeda antara peserta tes kelompok atas dan kelompok
rendah. Kelompok rendah memiliki tingkat kemampuam 0.50 dan akan diperoleh daya
pembeda kelompok atas maksimal 1.00.
2. Daya
pembeda soal pilihan ganda
Bagaimana
menentukan daya pembeda soal pilihan ganda? Yang menunjukkan tingkat kesukaran soal
pilihan ganda. Daya pembeda di tentukan dengan melihat kelompok atas dan
kelompok bawah berdasarkam sekor total. perhatikan tabel berikut.
No
|
Peserta
|
Nomor soal
|
Skor
Total
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Aan
Adi
Ana
Andi
Candra
dian
Risma
sasa
titik
uun
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
3
7
8
4
8
3
6
4
4
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|||
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|||
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|||
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|||
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|||
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|||
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
|||
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|||
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
Untuk memudahkan perhitungan sekor yang terdapat
pada tabel di urutkan dari peserta tes yang memperoleh skor yang tinggi menuju
peserta yang memperoleh sekor yang rendah. Perhatikan tabel berikut:
No
|
Peserta
|
Nomor soal
|
Skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Aan
Dian
Andi
Ana
Sasa
Candra
Titik
Uun
Adi
Risma
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
8
8
7
6
4
4
4
3
3
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|||
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|||
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
|||
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
|||
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|||
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|||
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
|||
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|||
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
|||
Jumlah jawaban benar
|
10
|
5
|
6
|
6
|
8
|
5
|
5
|
5
|
5
|
0
|
||
Jumlah peserta
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
||
Kesukaran
|
0.00
|
0.50
|
0.60
|
0.60
|
0.80
|
0.50
|
0.50
|
0.50
|
0.5
|
1.00
|
Keterangan :
Skor Siswa kelompok atas 6 – 10
Skor Siswa kelompok bawah 5 - 1
Berikut ini cara menghitung daya beda:
Nilai DB akan merentang antara nilai -1,00 hingga
+1.00. dengan mengambil soal comtoh di atas beberapa kondisi soal dapat
di jelaskan sebagai berikut:
contoh : soal nomor 2 semua siswa kelompok atas
dapat menjawab benar dan semua siswa kelompok bawah menjawab salah, maka DB
akan + 1,00. DB dapat di tentukan besarnya dengan rumus sebagi
berikut : PT – PR
TB
|
-
|
RB
|
T
|
T
|
PT =Proporsi siswa yang menjawab benar pada kelompok
siswa yang mempunyai kemampuan tinggi
PR =Proporsi siswa yang menjawab benar pada kelompok
siswa yang mempunyai kemampuan rendah
TB =Jumlah siswa yang menjawab benar pada kelompok
siswa yang mempunyai kemampuan tinggi
T =Jumlah kelompok siswa yang mempunyai
kemampuan tinggi.
RB =Jumlah siswa yang menjawab benar pada
kelompok siswa yang mempunyai kemampuan rendah
R =Jumlah kelompok siswa yang mempunyai kemampuan
rendah.
Berikut adalah tabel kategori tingkat kesukaran
dalam daya beda.
No soal
|
Kelompok atas
|
Kelompok bawah
|
Daya Beda
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
1.00
1.00
1.00
1.00
0.30
1.00
1.00
0.80
0.00
0.00
|
1.00
0.00
0.10
0.10
0.60
0.00
0.10
0.10
1.00
0.00
|
0.00
1.00
0.90
0.90
-0.30
1.00
0.90
0.70
-1.00
0.00
|
Kembali pada tingkat kesukaran yang di tunjukkan pada
tabel dapat kita lihat soal
no 9 merupakan soal yang sukar bagi kelompok atas tetapi sangat mudah bagi
kelompok bawah soal no 10 merupakan soal yang sangat sukar baik bagi kelompok
atas maupun kelompok bawah. soal nomor 2 dan nomor 6 merupakan soal yang
sangat sukar dagi kelompok bawah tetapi relatif mudah untuk kelompok atas.
Perhitungan daya beda sangatlah sederhana dan menyajikan informasi yang dapat
membedakan masing – masing kelompok berdasarkan kemampuan mereka. (engelhart,
1965) . soal nomor 1 dan nomor 10 tidak menujukkan perbedaan antar
kelompok. Tidak adanya perbedaan tingkat kesukaran pada soal nomor 1 dan nomor
10 yang juga menujukkan bahwa soal tidak dapat menujukkan perbedaan antar
kelompok. Soal no 5 dan no 9 mempunyai indeks daya beda yang baik, tetapi terbalik. Tanda
negatif no 5 dan no 9 menujukkan bahwa peserta tes yang kemampuanya
tinggi tidak dapat menjawab soal dengan benar , tetapi peserta tes yang
kemampuanya rendah menjawab dengan benar , data setatistik diatas menunjukkan
bahwa soal nomor 5 dan 9 merupakan soal yang tidak baik, data setatistik
menujukkan bahwa soal nomor 2,3,4,6,7 dan 8 merupakan soal yang baik ditinjau
dari daya pembeda.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
http://www.4shared.com/document/t4rIxItG/KTSP Silabus RPP KKPI X SMK Microsoft
word GA.htm
file:///C:/Users/Elvira%20Nusi/Desktop/DAYA%20BEDA%20DAN%20TINGKAT%20KESUKARAN%20SOAL%20%E2%80%93%20Jombang%20Pustaka/Taraf%20Kesukaran%20Tes%20dan%20Daya%20Pembeda%20Sebuah%20Tes.html
Komentar
Posting Komentar